Menu

Alasan Maintenance Website Harus Dilakukan Secara Profesional

Jun
16
2014
by : adminJWc. Posted in : Artikel, Tips Online

alasan maintenance website harus dilakukan secara profesionalmasyarakat pelaku industri bahwa memiliki website adalah sesuatu hal yang wajib. Akan tetapi fakta bahwa web dan konten di dunia yang jumlahnya terus bertambah, maka memiliki website saja ternyata masih belum mencukupi untuk mendatangkan pelanggan. Untuk mendapatkan dampak yang optimal dari website maka yang lebih penting adalah melakukan perawatan (maintenance) website secara profesional.

Berikut ini adalah alasan utama kenapa perlu adanya melakukan perawatan (maintenance) website secara profesional.

  • “Google” sekarang lebih selektif menampilkan hasil pencarian

    Jumlah konten di internet yang semakin banyak, membuat google sebagai layanan mesin pencari yang menguasai 70% pencarian website dunia, memperketat hasil pencariannya. Hanya website berkualitas saja yang akan muncul di halaman pertama. Web yang berkualitas secara konten dan berkualitas secara teknik penyajiannya (Google Friendly/SEO). Sebagai pemilik website, tidak cukup sekedar menambahkan konten secara rutin, konten perlu disajikan dengan strategi yang disebut dengan SEO, sehingga konten anda mudah dikenali dan terindex didalam mesin pencarian google.

  • Pelanggan ingin mendapat respon yang cepat dari pegelola website

    Pengguna internet sekarang, di Indonesia khususnya, semakin cerdas dan selektif. Mereka tidak sekedar mencari produk, akan tetapi juga membandingkannya. Faktor pembanding pun juga banyak, selain kualitas produk, salah satu yang sangat menentukan adalah kecepatan pelayanan pengelola website dalam memberikan respon. Sebagaimana Kita tahu bahwa faktor kepercayaan menjadi kunci dalam dunia komunikasi online. Dengan respon yang cepat, setidaknya menunjukkan bahwa perusahaan Anda serius dalam melayani konsumen. Sebagai pemilik website, Anda harus rutin membuka web anda, membalas email ataupun komentar, dan merespon berbagai permintaan maupun pertanyaan sesegera mungkin.

  • User ingin mendapat informasi up to date dari website

    Peran mendasar dari website adalah menyampaikan informasi, meskipun pada akhirnya user akan membeli produk yang Anda tawarkan. Jika informasi dalam website Perusahaan Anda bagus, maka user akan melakukan kunjungan berkali-kali. Informasi yang selalu baru akan menjadi daya tarik yang kuat untuk menjadikan web Anda memiliki pengunjung yang loyal. Ukuran jumlah update memang tidak ada batasan yang eksak, namun idealnya paling lama 2 hari sekali harus ada konten yang baru. Sebagai pemilik website, Anda harus meluangkan waktu setidaknya 1-2 jam sehari untuk membuat konten yang berkualitas.

  • Social media merupakan tempat berkumpul sebagian besar pengguna internet

    Indonesia merupakan negara ke-dua pengguna Facebook terbesar di dunia (lebih dari 41 juta orang). Melalui social media, perusahaan dapat menyapa pelanggan secara langsung. Begitu juga sebaliknya, pelanggan dapat menyampaikan pengalaman dalam menggunakan produk atau jasa perusahaan Anda. Selain untuk bertukar informasi dengan pelanggan lama, Anda juga harus aktif mencari pelanggan yang baru melalui social media. Tidak ada batasan yang pasti berapa lama Anda harus meluangkan waktu setiap hari untuk melakukan social media merketing. Prinsipnya adalah tetap meluangkan waktu khusus untuk memberikan informasi terbaru mengenai perusahaan Anda, dan memberikan respon yang cepat setiap saat ketika pelanggan menyapa Anda.

  • Kebutuhan untuk update tampilan/fungsi website dengan cepat

    Website seperti layaknya front office kantor atau toko offline. Untuk menyampaikan perubahan layanan atau menyampaikan layanan baru kepada pelanggan kadang dibutuhkan penggantian banner atau halaman baru dan perlu dilakukan dengan cepat. Anda harus memiliki keterampilan dalam bidang desain desain visual dan coding untuk mengeksekusi pekerjaan ini.

  • Serangan virus dan hacker terhadap website meningkat

    Layaknya istilah yang mengatakan “Semakin Tinggi Pohon, Semakin Kencang Angin Yang Menerpa”, hal tersebut berlaku didalam dunia website. Data menyebutkan bahwa serangan virus dan hacker ke website meningkat dari tahun ke tahun, dengan modus yang beragam. Dari sekedar iseng, sampai membuat sistem web target menjadi lumpuh. Pada tahun 2013 saja ada sekitar 40 juta serangan hacker di dunia yang teridentifikasi. Pemilik website perlu mengontrol keberadaan penyusupan virus dalam sistem servernya dan sesegera mungkin untuk melakukan perbaikan. Jangan sampai keberadaan “penyusup” tersebut lama kelamaan akan membuat sistem website Anda lumpuh atau bahkan secara tidak sadar mencuri data perusahaan Anda. Lakukan pengecekan secara berkala setiap bulan sekali, Anda bisa menggunakan “Google Webmaster Tool” yang sudah menyediakan layanan lengkap termasuk monitoring script-script berbahaya yang mungkin ada dan telah mendekam lama di web server Anda.

  • Hosting membutuhkan perawatan

    Seperti halnya komputer atau laptop, hosting membutuhkan monitoring dan perawatan. Karena aktivitas pengunjung di web Anda, dapat menyebabkan hosting memiliki CPU usage yang tinggi, sehingga secara tidak disadari halaman website sangat lambat jika dibuka, atau yang lebih parah hosting Anda terkena suspend sepihak oleh penyedia hosting karena melanggar TOS. Lakukan pengecekan kondisi hosting paling lama 3 hari sekali, untuk memastikan CPU usage berada dalam keadaan aman. Anda juga bisa minta bantuan kepada penyedia layanan hosting untuk memberi tahu ketika terjadi lonjakan trafik atau lonjakan CPU usage yang dluar batas wajar, hal ini bisa dilengkapi dengan melihat log atau catatan aktivitas server atau aktivitas pengunjung ketika berkunjung ke website Anda, hal ini bisa digunakan untuk mengetahui jika ada aktivitas tidak wajar dari pengunjung ketika berada di website Anda, setidaknya sudah dilakukan pencegahan dengan monitoring server secara berkala.

  • Backup rutin data website

    file sistem atau data dalam hosting perlu dibackup secara rutin untuk mengantisipasi jika suatu saat terjadi keadaan force majure. Misalnya serangan virus atau hacker menembus sistem keamanan sistem web kemudian menyebabkan semua data hilang, atau tempat penyimpanan server hosting terjadi bencana alam atau peperangan. Lakukan backup data setiap 1 minggu sekali untuk memastikan bahwa ketika terjadi sesuatu hal buruk sekalipun kita masih punya data-data seminggu yang lalu, jauh lebih baik daripada sebulan yang lalu bukan? Hal lain yang perlu diperhatikan adalah usahakan simpan file backup ditempat yang aman, pisahkan antara file backup dengan data website Anda, hal ini untuk mengantisipasi ketika ada pihak-pihak tertentu yang “membombardir” (menghapus data web secara keseluruhan, termasuk file backup) maka Anda masih aman karena masih punya file backup di tempat lain.

Untuk melakukan proses di atas, setidaknya dibutuhkan 5 kompetensi dari beberapa disiplin ilmu antara SEO, Penulis/editor yang mengerti SEO, UI designer, Social Media expert dan security expert serta sistem kerja untuk menangani setiap permintaan atau keluhan perusahaan dan pelanggan. Meskipun perusahaan Anda memiliki website, belum tentu memiliki dampak yang signifikan terhadap angka penjualan produk Anda jika tidak melakukan perawatan (maintenance) secara optimal.

Sekian beberapa penjelasan dari kami tentang ” Alasan Maintenance Website Harus Dilakukan Secara Profesional

 

artikel lainnya Alasan Maintenance Website Harus Dilakukan Secara Profesional

Tuesday 12 August 2014 | Artikel, Tips Online

Ingin memiliki website atau toko online sendiri tapi bingung untuk pemberian nama domain nya?? nomaine.com solusinya…

Tuesday 15 April 2014 | Artikel, Tips Online

Membuat Website sepertinya sudah jadi salah satu hal penting yang harus dimiliki, baik untuk kalangan perusahaan,…

Tuesday 1 July 2014 | Artikel, Tips Online

Nama domain itu seperti nama seorang manusia, sama dengan merek, brand atau label suatu organisasi, perusahaan,…

Friday 25 July 2014 | Artikel, Tips Online

Alexa adalah website penyedia data komersial yang terkait pada traffic web. Alexa mengumpulkan data berupa kebiasaan…