Menu

Faktor Penentu Website Bagi Pengunjung dan Mesin Pencari

Jun
20
2014
by : adminJWc. Posted in : Artikel, Tips Online

faktor-yang-menentukan-baik-buruk-nya-website-bagi-pengunjung-dan-mesin-pencari

Saat ini ada lebih dari 600 juta situs web yang tersebar di dunia maya,memiliki website yang banyak pengunjung merupakan tujuan utama dari para pembuat atau pemilik website. Website terdiri dari bagian yang dapat terlihat langsung oleh mata pengguna atau pengunjungnya, dan yang kedua adalah bagian internal yang tidak atau sulit terlihat oleh pengguna biasa. Bagi mesin pencari dan para pengunjung, kedua bagian tersebut memiliki peran yang sangat dan sama penting dalam menentukan baik atau buruknya suatu website. Baik atau buruknya suatu website tidak semata-mata ditentukan oleh tampilan dekorasi visual yang dianggap menarik oleh pembuat atau pemilik website, masih ada faktor lain yang tidak kalah penting selain penampilan visual, dekorasi dan animasi suatu website.
Jika Anda berencana atau sedang dalam mendesain dan membuat website, Anda perlu untuk mempertimbangkan faktor-faktor teknis berikut ini:

  • Lama Loading Halaman

    Lama loading atau penampilan halaman website berdampak langsung kepada kenyamanan pengunjung. Loading yang lambat (lemot) dapat mengakibatkan pengunjung meninggalkan website Anda lalu mencari informasi di website lain. Hal ini dapat diakibatkan oleh ukuran file halaman website yang terlalu besar atau kualitas server web hosting yang buruk.
    Mesin pencari seperti Google akan menilai buruk kepada website Anda ketika pengunjung yang langsung meninggalkan halaman website hanya dalam hitungan beberapa detik saja. Dan dikemudian hari website Anda tidak akan mendapat prioritas peringkat yang sama ketika orang lain mencari informasi tersebut.Pastikan ketika membuat dan mendesain website Anda tetap menjaga kecepatan loading website dalam waktu yang wajar, lebih cepat lebih baik.
    Jangan terlalu terobsesi dengan fitur-fitur atau dekorasi yang akan memberatkan waktu loading website Anda.

  • File Robots.txt

    Robots.txt adalah file yang membantu memberikan pengarahan dan pemahaman kepada robot mesin pencari seperti Googlebot dan Bingbot. File ini menjelaskan kepada robot mesin pencari bagaimana cara meng-crawl atau menjelejahi website dan konten Anda. Anda dapat mengarahkan kemana saja robot mesin pencari boleh pergi menjelajah dan kemana saja yang tidak boleh. Misalnya melarang robot mesin pencari menjelajahi dan mengindeks halaman login dan admin.  File ini sangat penting dan kritikal. Selain membantu pengindeksan yang lebih optimal, file ini juga menjadi salah satu alat keamanan website, menjauhkan website dari menjadi target hack/crack yang bisa datang dari mana saja.
    Selain itu, jika salah mengatur settingan, file ini juga dapat mengakibatkan website Anda hilang dari peredaran dunia online, tidak bisa ditemukan melalui mesin pencari. Misalnya sang developer atau desainer website menggunakannya untuk memblokir mesin pencari mengindeks website yang masih dalam tahap pengembangan, lalu lupa mengubah file robots.txt tersebut ketika website sudah dijadi. Hasilnya website Anda tidak akan pernah beredar dan tidak bisa ditemukan melalui mesin pencari.

  • Sitemap

    Sitemap atau peta situs adalah file yang berada pada folder utama website Anda, bisa diakses melalui www.websiteku.com/sitemap.xml. Sitemap berisi daftar semua link atau URL halamanwebsite Anda.Robot mesin pencari menggunakan sitemap sebagai file petunjuk penjelajahannya sehingga mempermudah dan mempercepat robot mesin pencari mengetahui halaman apa saja yang ada di website Anda. Jika website Anda rutin mengupdate konten dan halamannya, maka robot mesin pencari akan membaca file sitemap setiap hari.Ketika mendaftarkan website ke mesin pencari seperti Google dan Bing, file sitemap juga diperlu didaftarkan setelah website terverifikasi. Langkah ini memberitahukan dan memastikan mesin pencari untuk segera mengindeks website Anda sesuai dengan link atau alamat URL yang terdaftar dalam file sitemap.xml tersebut. Websitepun dapat semakin cepat tampil pada hasil pencarian mesin pencari. Untuk website tertentu, dalam hitungan menit, update konten atau blog postnya dapat terindeks hanya dalam hitungan menit, 1 – 5 menit sudah bisa ditemukan menggunakan mesin pencari.

  • Teknologi

    Pemilihan teknologi juga mempengaruhi penilaian pengunjung dan mesin pencari. Teknologi termewah, terwah, terunik hingga teknologi terbaru tidak berarti membuat pengunjung atau mesin pencari menjadi lebih menyukai suatu website. Apalagi jika teknologi tersebut digunakan secara tidak tepat sasaran, maka akan semakin dikucilkan oleh mesin pencari, tidak bisa ditemukan melalui pencarian mesin pencari.Misal menggunakan media Adobe Flash untuk menampilkan konten teks.
    Menggunakan efek visual javascript menyembunyikan dan menampilkan konten utama. Menampilkan konten teks sebagai gambar poster, file jpeg, png atau gif. Jika Anda pengguna komputer/notebook Mac, tablet iPad atau iPhone mungkin Anda sudah pernah merasakan tidak bisa melihat konten yang berbasis Adobe Flash.
    Contoh contoh ini mudah ditemukan diberbagai website. Sepertinya sang desainer pembuat website terlalu asik mengekspresikan keahliannya memainkan teknologi web sehingga lupa dengan keterbatasan dan kebutuhan utama pihak-pihak yang akan mengunjungi websitenya.Pada dasarnya robot mesin pencari itu buta, tidak bisa menilai isi suatu gambar, dia hanya membaca teks, teks dan teks. Robot mesin pencari akan kesulitan memahami isi konten suatu website jika tidak tersedia teks di sana. Begitu juga pengunjung, tidak semua punya komputer canggih, koneksi internet kecepatan serat optik dengan kuota unlimited.
    Sejak awal mencari hingga berkunjung ke website, yang mereka cari adalah informasi yang bermanfaat memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhan informasi mereka.Untuk menghindari penyalahgunaan teknologi, Anda harus membuat website dengan memikirkan kondisi terrendah dari target audiens website Anda, Mudahkan pengunjung dan robot mesin pencari mengakses dan memahami isi website Anda. Gunakanlah teknologi yang paling mudah diterima dan banyak diadopsi oleh berbagai perangkat komputer dengan berbagai kecepatan koneksi internet.

  • Redirects

    Redirect atau pengalihan adalah suatu cara untuk mengarahkan suatu alamat URL ke URL baru. Misalnya dari websiteanda.com/artikel-lama dipindah ke websiteanda.com/artikel-lebih-baru, atau ketika berpindah domain dari websitelama.com/halaman-profil ke domain baru websitebaru.com/halaman-profil.Redirect memberitahukan robot mesin pencari bahwa konten telah berpindah tempat (alamat URL), dan memberitahukan mesin pencari untuk mentransfer poin page rank (penilaian peringkat halaman) ke alamat baru yang ditentukan dalam Redirects. Dan para pengunjung yang masing menggunakan URL lama akan secara otomatis diarahkan ke URL baru.Dalam praktiknya, Redirect merupakan salah satu fitur yang paling jarang diperlukan, dan paling sering diabaikan ketika suatu website berganti sistem atau domain. Ketika suatu website didesain ulang maka biasanya konten lama akan ikut terhapus, hilang tanpa jejak.
    Contoh paling mencolok bisa dilihat ketika forum Kaskus.us pindah ke domain Kaskus.co.id. Tidak ada satupun thread di domain Kaskus.us yang diredirect atau diarahkan domain baru. Semua alamat URL dengan domain Kaskus.us hilang, semua catatan bookmark dan history browser ke Kaskus.us menjadi tidak berguna. Dari sisi pengguna, perubahan ini tentu merugikan dan sangat membingungkan, semua thread dan lapak favorit harus di cari ulang. Dan bagi mesin pencari, berarti harus mengindeks ulang satu-persatu setiap halaman di domain Kaskus.co.id. Semua nilai page rank dari setiap halaman di domain Kaskus.us dianggap hangus, karena tidak ada pemberitahuan dan pengarahan Redirect ke alamat URL baru di domain barunya.
    Jika Anda sudah memiliki website dan akan mengganti sistemnya, pastikan untuk mencatat setiap alamat URL halaman penting website lama Anda, lalu menyediakan informasi redirect kepada robot mesin pencari. Hal ini akan menjaga aliran penilaian mesin pencari dan akses para pengunjung yang sudah mengenal dan mencatat halaman website lama Anda.

Untuk dapat mengetahui manfaat dari implementasi faktor-faktor di atas, suatu website harus diintegrasikan dengan sistem monitoring performa yaitu: web analytics dan webmaster tool.
Sistem web analytics dan webmaster tools akan memberikan data statistik yang akurat dan rinci mengenai performa website Anda untuk jangka waktu yang lebih panjang.

Sekian penjelasan dari kami tentang “ faktor penentu website bagi pengunjung dan mesin pencari “, adapun kekurangan silahkan untuk bertanya atau memberikan saran di kolom yg tersedia di bawah . terima kasih

Incoming search terms:

  • faktor faktor penentu kualitas web
  • penentu ke suatu web

artikel lainnya Faktor Penentu Website Bagi Pengunjung dan Mesin Pencari

Thursday 12 June 2014 | Artikel, Tips Online

  Google+ atau Google Plus adalah jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google+ diluncurkan pada…

Monday 16 June 2014 | Artikel, Tips Online

Manfaat Website Meskipun internet sudah mendunia, tetapi masih banyak perusahaan yang bahkan belum memiliki website. Dengan…

Monday 16 June 2014 | Artikel, Tips Online

masyarakat pelaku industri bahwa memiliki website adalah sesuatu hal yang wajib. Akan tetapi fakta bahwa web…

Friday 27 June 2014 | Artikel, Tips Online

Indonesia saat ini menduduki peringkat ke-2 pengguna internet terbanyak, dan mayoritas orang indonesia menggunakan layanan internet…