Menu

Seberapa Pentingkah Nama Domain Toko Online Anda

Jul
01
2014
by : adminJWc. Posted in : Artikel, Tips Online

seberapa-penting-kah-nama-domain-toko-online-anda

Nama domain itu seperti nama seorang manusia, sama dengan merek, brand atau label suatu organisasi, perusahaan, produk di dunia online. Penting sekali memikirkan dan memilih nama domain yang baik bagi website Anda, baik itu website pribadi maupun website perusahaan.

Nama domain (domain name) atau biasa disebut dengan istilah URL, atau alamat website seperti  “google.co.id”, “wikipedia.org”, “yahoo.com” adalah penaman yang berguna untuk mempermudah pengguna internet pada saat ingin mengakses suatu komputer server. Nama domain berfungsi menggantikan nomor server yang aslinya berupa deretan angka yang rumit, disebut IP Address (Internet Protocol Address) seperti 74.125.239.127 (Google.co.id). Nama domain selalu unik, tidak ada yang sama, diberikan kepada masing-masing komputer server seperti web server yang terhubung dalama jaringan internet.

Dalam membangun online presence dengan membangun website atau blog, kita wajib memiliki nama domain sendiri adalah syarat utama. Nama domain bisa didapat dengan cara menumpang pada domain orang lain untuk mendapat sub domain, atau mendaftarkan nama domain sendiri melalui pihak yang berwenang, yaitu PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia ) atau penyedia layanan jasa web hosting seperti Masterweb.

Peran Penting Nama Domain

Nama domain merupakan salah satu hal yang perlu dipikirkan baik-baik. Sama seperti pentingnya sebuah nama yang baik bagi seorang anak atau nama sebuah brand/merek. Nama tersebut akan mempengaruhi banyak hal dalam perkembangan hidup seseorang dan juga website.
Secara psikologis sebuah nama akan berdapat pada:

  1. Persepsi / kesan yang membaca/mendengarnya
  2. Kemudahan mengingat dan menuliskannya

Kedua hal ini wajib diperhatikan bagi siapa saja yang ingin membuat website profesional dimana mereka memiliki tujuan dan harapan untuk menjadi lebih dikenal dan dapat diterima oleh pengguna internet lainnya. Walaupun untuk memiliki nama domain sendiri memerlukan biaya tambahan, hal tersebut sangat sepandan dengan manfaat yang didapat yaitu: profesionalisme, kredibilitas dan trust (kepercayaan).

Risiko Domain Gratisan

Anda bisa saja menggunakan nama domain dan subdomain gratisan. Tetapi ada risiko tersendiri dari melakukannya, yaitu: kurangnya memberikan rasa terpercaya. Karena siapa saja  bisa membuatnya, dari pebisnis yang tidak serius hanya coba-coba saja hingga para penipu juga menggunakannya, seperti penipu SMS hadiah dari operator seluler Telkomsel atau perusahaan lainnya.

Orang yang baru pertama kali mengenal dan mengunjung website Anda akan lebih sulit memberikan kepercayaannya, apalagi kalau website yang dilihatnya kurang dapat diterima baik dari sisi tampilan visual maupun informasi didalamnya.

Pengaruh Nama Domain Bagi Orang Lain

jika Anda ingin memulai bisnis online dengan membuat website, blog atau toko online, perhatikanlah baik-baik pemilihan nama website (nama domain) Anda.
Nama domain Itu akan menjadi bagian utama dari brand/merek bisnis Anda:

  1. Menjadi hal pertama yang memberikan kesan positif/negatif kepada prospek dan target market yang pertama kali menemukan dan mengunjungi website bisnis Anda.
  2. Menjadi faktor penting yang menentukan kemudahan seseorang yang peduli dengan bisnis Anda dalam mengingat, menuliskan dan kebersediaannya untuk menyebut/merekomendasi nama website Anda kepada orang lain.

Mudah saja membeli nama domain baru ketika sudah sukses. Tetapi tidak akan mudah untuk mengalihkan persepsi, ingatan dan catatan orang-orang, termasuk juga penilaian ranking setiap halaman website Anda oleh sistem indexing mesin pencari.

Mesin pencari akan mensucikan kembali “pahala” dan “dosa-dosa” website lama Anda, ya “pahala”nya juga dihapus, sama seperti mengisi bahan bakar merek(brand) online dari nol lagi dengan biaya BBM yang selalu naik. Perpindahan nama domain Kaskus.us menjadi Kaskus.co.id adalah salah satu contoh dahsyat yang memakan banyak korban. Tidak hanya pihak Kaskus, tetapi juga ribuan – jutaan membernya kebingunan dan kehilangan akses ke halaman diskusi dan lapak favorit mereka.

Mengganti nama domain, ketika brand dan trust (kepercayaan) sudah terbentuk  akan lebih merugikan Anda daripada bersusah payah memikirkan nama yang baik di awal. Tapi jika Anda tidak pernah memperhatikan, menganalisa dan membanding-bandingkankan performa website lama dengan website baru Anda sendiri, Anda tidak akan merasakan kerugian dan kehilangan hal tentang diatas , . .

artikel lainnya Seberapa Pentingkah Nama Domain Toko Online Anda

Tuesday 17 June 2014 | Artikel, Tips Online

Google baru-baru ini  mengumumkan update terbaru dari cara mereka menentukan ranking di hasil pencarian, yaitu Update…

Monday 9 June 2014 | Artikel, Tips Online

Instagram sekarang sudah menjadi salah satu platform web paling populer dalam kategori berbagi foto dan video…

Monday 9 June 2014 | Artikel, Tips Online

Sebuah survei yang dilakukan Deloitte menemukan fakta bahwa masih ada kemungkinan 90 persen password yang ada…

Thursday 28 August 2014 | Artikel, Tips Online

Manfaat Jika Anda Memiliki Website Toko Online Sendiri Website Toko Online adalah sarana berkomunikasi dan berbagi…